/* Tooltip1 ----------------------------------------------- */ Warung Internet
/* StopTooltip1 ----------------------------------------------- */

Apa itu TKJ

TKJ? Apakah TKJ itu? TKJ (Teknik Komputer Jaringan) adalah nama sebuah Kompetensi Keahlian dari Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dan dari Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (ribet bukan). Memang begitulah pembagian kompetensi keahlian di SMK. Hal itu berbeda dengan SMA, jika di SMA pembagian cuma jurusan IPA, IPS dan Bahasa, titik. Sedangkan di SMK, huh... berakar-akar dan terus memiliki sub-jurusan yang lebih spesifik. Untuk lebih memudahkan dalam menganalogi, sobat sekalian dapat melihat pada bagan berikut:

atau dapat juga di download file sturktur pembagian SMK oleh Depdiknas. Lihat, betapa banyaknya pembagian-pembagian bidang keahlian atau skill. Luar biasa bukan? OK, setelah paham, yang akan dibahas adalah Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (udah itu aja, bukan yang lain-lainnya). Sebelumnya mari beranalogi lagi, coba amati kalimat berikut:
Ibu membeli buah apel dan jeruk
Kalimat di atas terdiri dari 2 kalimat tunggal yaitu "Ibu membeli buah apel" dan "Ibu membeli buah jeruk" dan disingkat menjadi "Ibu membeli buah apel dan jeruk" (begitu anak-anak, hehehe). Itu yang dinamakan kalimat majemuk. Sama halnya dengan "Teknik Komputer dan Jaringan", terdiri dari 2 buah pokok ide, yaitu "Teknik Komputer" dan "Teknik Jaringan". Jadi belajar di TKJ, tidak lain dan tidak bukan, adalah belajar teknik komputer dan teknik jaringan (3 tahun, utek-utek itu melulu, tapi tetep happy)

Berikut definisi-definisi seputar TKJ :
Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Jaringan (istilah biologi) adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
Jaringan (istilah di dunia komputer) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Teknik komputer adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer
Teknik jaringan adalah ...... (apa ayo! tinggal gabungkan aja teknik dan jaringan)

Untuk modul dan kegiatan pembelajaran TKJ, pembagian dan penyebaran materi yaitu sebagai berikut:
  1. Kelas X : dasar, hardware, hardware, dan hardware
  2. Kelas XII : hardware (maneh), repair and maintenance, jaringan
  3. Kelas XIII : server, server, server
nb : dikutip dari pengalaman dan disingkat apa adanya (wkwkwk)
Namun demikian, telah dibuatkan sebuah acuan untuk proses KBM, yaitu modul TKJ yang telah banyak beredar di Internet. Bahkan, saking rapinya tim penyusun modul, dibuatkan peta buta pembelarannya, konon agar lebih mudah.
Jadi, hari ini Anda telah mengetahui / belajar tentang :
Apakah arti dari TKJ dan sedikit tentang kosa kata baru
Sekian, semoga bermanfaat, amiin .....

2 komentar:

aditya's blogsphere mengatakan...

halo om luqman, untuk pertanyaan tentang menu alert nanti bisa ngirim email ke saya di bl4ck.cmd@gmail.com
jawabanya sangat mungkin sekali kita meminta email dan nama dari pengunjung blog, dan mengalihkan ke situs lain atau blank page bila pengunjung tidak memasukan namanya, itu menggunakan cookies, dan memang hanya sekali memasukan nama, selebihnya tidak perlu lagi memasukan email + nama....silahkan email saya nanti saya kirim scriptnya lewat email soale masih di hardisk belum sempet nyari, sekalian saya beri petunjuk pemasanganya , oke,

kelemahan : nama dan email tidak bisa tersimpan....... karena platform kita blogger, ndak bisa di pakai hosting, jika ingin tersimpan, om luqman harus make wordpress yang di hostingkan, karena kita make ajax + php untuk alert ke pengunjung blog.

untuk mengetahui jumlah pengunjung, bisa di lihat di dasbor >> statistik (login aja ke bloggernya ^_^ )
salam kenal ya
aditya ^_^

Lukman Khakim mengatakan...

ah, kok kagak di balas2

Poskan Komentar