Powerpoint Bergaya Facebook - Project 1 part 1

Selamat datang sobat Powerpoint Interaktif sekalian yang sama-sama masih ingin belajar. Ini pertama kalinya kita akan bahas suatu project kecil-kecilan, bingung cari inspirasi yang bagus, dan akhirnya mengangkat tema facebook. Kita akan memanfaatkan desain facebook sebagai desain Powerpoint kita. Ndak masalah lah, mau di buat apa ini, mau dibuat presentasi sekolah, mengajar, keperluan organisasi, dll, yang penting bermanfaat.

Disini kita akan bahas cara pembuatan Powerpoint yang bagus step by step dari nol hingga jadi. Makanya kenapa di judul di beri tulisan part 1, itu menandakan akan ada part-part berikutnya.

Sesuai judul juga, kita akan mengangkat tema facebook sebagai suasana presentasi di Powerpoint kita. Jadi perlu diingat, hari ini kita akan belajar:
  1. Memilih dan mengadaptasi template yang terinspirasi dari web atau desain di internet, facebook contohnya.
  2. Mengedit seperlunya, atau membuat replika desain yang kita pilih.
  3. Memodifikasi, menambahi aksesoris-aksesoris dalam template tadi, langsung di Powerpoint-nya.
Oke, ada 3 tahap di part 1 ini. Memasuki tahap 1 yaitu kita tentukan inspirasi template kita, kalo mau pake yang disediakan di Powerpoint, lihat disini. Kali ini kita akan mengadaptasi dari desain tampilan facebook. Lihat nih print screen facebook yang ane dapat:

template powerpoint ala facebook

Beres, tahap 1 cuma itu saja, cuma menentukan ide buat template. Tahap 2, kita edit hasil print screen tadi, hilangkan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan, jadinya seperti ini:

edit template powerpoint

atau kalau mau diedit ekstream lagi jadinya seperti ini:

edit template powerpoint bersih

Masuk ke tahap 3, gambar itulah yang nantinya akan kita gunakan sebagai template Powerpoint. Buka Powerpoint, pada bagian slide pertama, paste-kan gambar yang telah di edit tadi. Edit dan tambahkan elemen-elemen sesuai kebutuhan:
edit template powerpoint facebook

Perhatikan keterangan-keterangan berdasarkan nomor yang saya tandai di atas:
  1. Skala, bisa diisi dengan tema powerpoint.
  2. Url address, bisa diisi atau tidak.
  3. Judul BAB, disini saya mengangkat tema "skala", buat Text Box.
  4. Kolom Username, buat dari Shapes >> Rectangle, isi dengan kata-kata.
  5. Kolom Password, buat dari Shapes >> Rectangle, untuk membuat karakter-karakter bulet-bulet itu, pakai simbol (Instert >> Symbols >> pilih simbol bulat-bulat)
  6. Button login, sama seperti point 4.
  7. Kata-kata biasa, sama seperti point 4, tinggal mengubah ukuran fontnya saja.
  8. Sama seperti no. 4 dan 7, hanya saja dikombinasikan dengan icon gambar tertentu. Dan mungkin nanti bisa dihubungkan / di-link-kan ke slide yang lain.
  9. Sama seperti no. 7
  10. Sama seperti no. 4 atau 5, hanya saja diberi segitiga hitam kecil disampingnya untuk mempermanis desain Powerpoint.
  11. Sama seperti no. 9.
  12. Sama seperti no. 4 atau 5, hanya saja diisi dengan date and time (Insert >> Date & Time >> pilih).
  13. Sama seperti no. 6, fill dipilih warna hijau atau sesuai selera. Bisa juga nanti di kasih link yang mengarah ke lain slide.
Sudah selesai projek 1 part 1 kita hari ini. Bagi yang mau donwnlaod file ini. Silahkan download pada link berikut ini. Downloaf file Project 1 Part 1 - Powerpoint Bergaya Facebook

No comments:

Post a Comment