Pengenalan Microsoft PowerPoint

Software Presentasi

Presentasi merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk menyampaikan ide-ide atau hasil dari sesuatu. Untuk membuat presentasi menjadi lebih baik maka tidak ada salahnya didukung dengan media, bisa berupa alat/benda, buku/sumber, dan media software presentasi. Media software presentasi sendiri bermacam-macam, dari yang bersifat open source seperti StarOffice Impress, OpenOffice Impress, KPresenter  dan yang bersifat commercial seperti Microsoft PowerPoint. Pada blog ini, khusus membahas software pengolah presentasi Microsoft PowerPoint.

Mengenal PowerPoint

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft, disamping Microsoft Word dan Excel yang telah kita kenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office, pada dasarnya,aplikasi Microsoft PowerPoint berfungsi untuk membantu user dalam menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas slide untuk menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada audience.

Dengan fasilitas Animations suatu slide, dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas Font Pictures, Sound and Effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang bagus. Bila keadaan ini dapat disajikan maka para pendengar dapat tertarik untuk mendengar apa yang ingin kita sampaikan kepada mereka.

Setiap lembar tayangan berisi materi disebut slide (pada Microsoft Word disebut page, sedangkan pada Microsoft Excel disebut sheet). Agar slide yang sedang dibangun lebih menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu topic dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh audience dengan efektif, sebaiknya buat terlebih dahulu point bahasan yang perlu dicantumkan secara garis besar, dan diikuti sub point dari masing-masing point yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud. Bentuk bullet, font dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat perhatian.

Versi Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint sendiri terdiri dari banyak versi, yakni :
  • Microsoft PowerPoint 2000
  • Microsoft PowerPoint 2003
  • Microsoft PowerPoint 2007
  • Microsoft PowerPoint 2010
  • Microsoft PowerPoint 2013
Untuk versi Ms. PowerPoint 2003 hampir sama dengan Ms. PowerPoint 2000 dan untuk versi Ms. PowerPoint 2010 hampir sama dengan Ms. PowerPoint 2007.

Ditulis Oleh : Lukman Khakim Hari: Tuesday, August 16, 2011 Kategori:

No comments:

Post a Comment