Mengatur Durasi Tampilan Slide PPT

Dari judulnya, apakah sobat sudah bisa menebak? Tidak lain tidak bukan, ya mengatur waktu show suatu slide dalam presentasi. Saya gunakan file Virus Komputer Revisi 7.pptx [kalau mau download, silahkan klik di menu Download Arsip].

Buka slide 1, klik Slide Show > Rehearse Timings

mengatur durasi tampilan slide ppt

Apabila tampil pesan Security Alert, pilih Enable External Content. Kemudian slide show tampil disertai dengan timing box.

mengatur durasi tampilan slide powerpoint

Jalankan presentasi seperti layaknya sobat membawakan presentasi. Hingga sampai di akhir slide, akan muncul pesan berikut:

mengatur durasi tampilan slide pada ppt

Pilih Yes untuk menyimpan slide timings, jika tidak pilih No. Tapi untuk praktik kali ini, ya seharusnya sobat pilih Yes, kalau pilih No, apalah gunanya, hehe. Khusus yang memilih Yes, maka tampilan PowerPoint sedikit berubah, kurang lebih seperti ini :

mengatur durasi tampilan timing ppt

Akan ada waktu menyertai di tiap-tiap slide, waktu tersebut menunjukkan berapa lama sobat saat presentasi tadi.

Nah, jika sobat berminat, maka settingan ini dapat disimpan, disimpan biasa dengan cara Ctrl + S (save), kalau takut bermasalah Save As aja, biar aman. Dengan menyimpannya, ketika suatu saat sobat show lagi, maka Presentasi sobat akan berjalan dengan sendirinya, berpindah slide 1 demi 1 tanpa harus menekan keyboard atau mouse sesuai waktu yang tertera pada slide timings yang dulu.

Sayangnya, ini hanya eksperimen, saya tidak menyimpannya. Jadi untuk sementara file virus tidak saya update lagi. Mungkin tutorial ini bagi sebagian orang tidak berguna. Tapi bagi kita yang mau memanfaatkan menu dan fasilitas ini, pasti ada celah yang bisa di manfaatkan, hayooo untuk apa coba? Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Ditulis Oleh : Lukman Hari: Wednesday, July 23, 2014 Kategori:

1 comment:

  1. Wowh tampilan baru ada durasi waktu di dalam kotak untuk penayangan slide kita. Huaa mesti banyak belajar lagi nih

    ReplyDelete